Wednesday, June 25

5 Tips Agar Terus Kreatif


Tips Menjadi KreatifPasti kamu pernah mendengar kata kreatif? Bisa dibilang orang kreatif itu orang yang berpikir sesuatu yang tidak dipikirkan orang lain. Dengan kata lain, orang kreatif itu thinking out of the box.

Tetapi sering kita bingung tentang kreatif ini. Apakah kreatif merupakan bawaan lahir, atau kreatif hasil dari latihan? Banyak ilmuan yang perpendapat bahwa keahlian itu dibentuk dari latihan yang berulang-ulang. Anda harus memiliki jam terbang selama 10.000 jam untuk menjadi ahli di bidang tertentu. Begitupun dengan kreatifitas, kreatifitas sebenarnya juga hasil dari kebiasaan dan latihan yang berulang-ulang.

Jadi sudah jelas bahwa kreatif itu membutuhkan latihan. Pertanyaanya selanjutnya, bagaimana latihan untuk menjadi kreatif? Berikut ini akan saya berikan beberapa tips menjadi kreatif:

1. Selalu Mencari

Terkadang kita berada di suatu tempat yang sama, namun sebenarnya kita tidak benar-benar mengamati keadaan sekitar. Belajarlah untuk mencari sesuatu yang baru dari tempat tersebut. Bagaimana caranya? Seperti contoh, cobalah amati ruanganmu, amati semua sudut, bentuk, warna, letak barang-barang, yang sebelumnya tidak kamu amati. Hal tersebut akan membuat kamu menjadi lebih kreatif. Selain itu, kamu akan menemukan hal menarik lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Lepas Dari Rutinitas

Kamu terbiasa melalui jalur yang sama setiap berangkat dan pulang kerja? Makan siang di tempat yang sama? Menggunakan alat yang sama saat berkreasi? Cobalah untuk mengubah semua.

Anda bisa mencari jalan lain menuju tempat kerja. Bisa juga mencari tempat makan siang baru, tidak melulu di tempat yang sama dan dengan menu yang itu itu aja. Dan coba mencari alat lain dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, tidak bergantung pada satu alat, pepatah mengatakan "Tiada Rotan Akarpun Jadi."

3.Luangkan Waktu Membuat Jurnal

Menulis di blog juga merupakan cara meningkatkan kreatifitasmu. Terutama blog yang isinya keseharian penulis. Bisaanya blog pribadi yang contentnya berisikan pengalaman penulis, bisa pengalaman lucu, atau bahagia.

Tapi lebih baik jika kamu menulis di kertas. Biarkan kata-katamu mengalir dan jangan menulis hanya karena ingin membuat dunaimu sempurna. Gunakan pulpen untuk meningkatkan semangat kreatifmu.

4. Tanamkan Semangat Belajar

Jangan batasi pemikiranmu dengan prinsip bahwa belajar hanya di sekolah. Belajar bisa dimanapun, kapanpun, dan dengan berbagai cara. Seperti, bertanya pada ahli di bidangnya, membaca buku, mengikuti kursus, seminar, dan browsing.

Lalu apa korelasinya kreatif dengan belajar? Dengan sering belajar, seseorang akan memiliki pola pikir kreatif dalam kesehariannya.

5. Bergaul dengan Orang Kreatif

Berteman dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, berteman dengan panda besi akan terkena percikan besinya. Itu mungkin perumpamaan yang tepat untuk menjelaskan tips yang kelima ini.

Jika kamu selalu bersama orang yang menggeluti dunia internet marketing, lama kelamaan sedikit banyak, kamu akan mengetahui seluk beluk bisnis online. Jika kamu sering bertemu dengan seorang penulis handal atau sastrawan, makan paling tidak kamu akan termotivasi untuk menulis atau setidaknya anda menyukai sastra.

Itulah kelima tips agar kamu terus kreatir. Artikel di atas, saya tulis ulang dengan penambahan dan penguranan seperlunya, yang bersumber dari beberapa artikel di internet. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment