Thursday, October 25

Adakah Waktu Ideal Untuk Menulis?

Waktu Untuk Menulis
Tidak sedikit calon penulis sukses yang ingin sekali menulis, tapi banyak kendala yang dihadapi. Dalam dunia kepenulisan banyak sekali kendala yang dialami oleh penulis pemula, salah satunya kurang motifasi yang didapat bagi pemula, dan tidak sedikit yang merasa tidak mampu lalu mengurungkan niatnya untuk menjadi penulis.

Apa alasan yang membuat anda tidak menulis?. Jika tidak menulis dikarenakan belum ada waktu ideal untuk menulis mungkin tulisan ini akan sedikit membantu untuk memotifasi diri para pembaca yang ingin menjadi penulis.

Jika menunggu waktu luang untuk menulis mungkin kita tidak akan mulai menulis, yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu dari 24jam sehari  untuk menulis.Misal: kita punya waktu di sela kesibukan sehari-hari tapi dengan waktu yang ada, kadang kita menunda-nunda untuk segera menulis dan hasilnya tak satu idepun tertuang dalam kertas, computer ataupun lepi (baca:laptop).



Jika masih ada pemahaman dalam diri "jika menulis itu harus suasananya tenang ditemani dengan segelas kopi dan makanan ringan di tempat yang nyaman angin sepoi-sepoi menghampiri ditambah ide-ide lagi menghampiri", mulai sekarang harus difikir lagi walaupun mempunyai keadaan seperti itu tak mengapa.Mengambil contoh dari saya sendiri, disela waktu pekerjaan sebagai karyawan, kusempatkan waktu untuk menulis, jika dibayangkan mungkin itu bukan waktu yang ideal untuk menulis tapi kenyataanya saya dapat menulis artikel ini.

Hidup ini tidak ada situasi yang ideal, karena setiap masalah yang ada memerlukan pemecahanya dan setelah satu masalah selesai akan ada masalah lain. Coba ingat-ingat masa lalu masing-masing dan carilah apakah dari anak-anak sampai sekarang, ada keadaan dimana tidak ada masalah, jika ada mungkin itu masalah anda tapi anda tidak menyadarinya. Masalah akan selalu ada mengiringi kehidupan manusia karena dunia ini adalah safana ujian bagi umat manusia.

Menulis tidak harus menunggu waktu yang ideal, karena tiadak ada waktu yang ideal seperti yang dibahas di atas. Menunggu-nunggu waktu ideal sama saja dengan menunda untuk menjadi penulis. Agar kita mampu menulis  perlu ada pemaksaan dalam diri, dan jerumuskan diri kita di samudera kata-kata untuk dirangkai menjadi sekumpulan kalimat sebagai luapan ide yang telah lama menunggu untuk tersampaikan.

Jika telah mampu memaksa diri untuk menulis, lama kelamaan menulis akan menjadi kebiasaan yang akan menjadi bagian dari aktifitas sehari-hari. Memang awalnya tidak mudah, semua pekerjaan baru itu memang butuh usaha lebih untuk menjadikan kita terbiasa.Untuk itu perlunya meluangkan waktu di sela kesibukan, sangat berpengaruh besar untuk  memulai menulis.

No comments:

Post a Comment